24 Juli, 2018

Emas

Pengertian emas


Emas merupakan salah satu jenis logam yang memiliki nilai tukar yang sangat tinggi, bahkan nilai tukar emas selalu naik dari tahun ke tahunnya.


Emas yang sering kita lihat sebagai aksesoris kaum wanita merupakan emas yang sudah di campur dengan berbagai jenis logam lainnya sehingga harga jual aksesoris tersebut berbeda-beda.


emas


Jenis-jenis emas


Sebenarnya emas hanya ada 1 jenis saya, namun di olah dan di campur dengan bahan lain sehingga tercipta emas yang berbeda.


Yang membedakan emas yang satu dengan yang lain pada umumnya adalah jenis warna, campuran dan kadar emas.



  1. Emas kuning

  2. Emas putih

  3. Emas merah

  4. Emas hijau

  5. Emas biru

  6. Emas jingga

  7. Emas coklat

  8. Emas abu-abu

  9. Emas ungu


Dari berbagai jenis emas yang ada, yang peling sering kita jumpai adalah emas kuning dan emas putih. Namun emas dengan warna lain juga tidak kalah menariknya dengan emas kuning dan emas putih.


Baca juga: Jualan Murah Barang Kemas Emas 916 – Rantai Tangan


Kadar emas



  1. 24 karat (99.99% terbuat dari emas)

  2. 22 karat (91.6% terbuat dari emas)

  3. 21 karat (87.5% terbuat dari emas)

  4. 20 karat (83.3% terbuat dari emas)

  5. 18 karat ( 75.0% terbuat dari emas)

  6. 14 karat ( 58.5% terbuat dari emas)

  7. 10 karat ( 41.7% terbuat dari emas)

  8. 9 karat (37.5% terbuat dari emas)


Fungsi dan Manfaat emas


Sebagai alat tukar


Pada awalnya, emas di gunakan sebagai alat tukar. Namun karena semakin banyaknya pengguna emas dan semakin menipisnya ketersediaan emas sehingga emas mengalami perubahan fungsi dari alat tukar menjadi benda berharga.


Sebagai investasi


Jika di lihat dalam satuan hari, emas sering mengalami perubahan harga (naik dan turun). namun jika di perhatikan dari satuan tahun, emas selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.


Karena hal inilah banyak sebagian pengusaha menginvestasikan uangnya untuk membeli emas dan menjual emas tersebut jika sudah mengalami kenaikan harga.


Sebagai media penyimpanan


Ada banyak sekali orang yang memutuskan untuk menyimpan uang mereka dengan membeli emas, alasanya sangat sederhana.


Jika mereka menyimpang uang mereka dalam bentuk uang, mereka hawatir akan membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.


Namun jika di belikan emas, mereka tidak dapat menggunakan emas tersebut untuk berbelanja sehingga uang tabungan dapat terkempul dalam jumlah yang di targetkan.


Sebagai Perhiasan


Warna kuning berkilau membuat para wanita yang memakai perhiasan emas tampil lebih cantik dari biasanya.


Dan warna putih yang elagan membuat para wanita bertambah anggun jika menggunakannya, hal ini tentu saja membuat para wanita akan tampil lebih percaya diri dari sebelumnya.


 


Sebagai tolak ukur kekayaan


Karena harga emas yang semakin tinggi, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membelinya.


Dapat di katakan, semakin banyak dan mahal emas yang di gunakan maka semakin banyak uang pemilik perhiasan tersebut.


Meskipun tersedia perhiasan emas yang murah, namun kadar emas tersebut sangat sedikit sehingga selisih harga jual emas tersebut sangat jauh. Pemilik emas seperti itu cendrung rugi membelinya.


baca juga: Gadai Emas


Bahaya emas


Meskipun dapat menambah keindahan bagi penggunanya, namun emas juga memiliki bahaya yang tidak dapat di elakkan.


Beresiko perampokkan


Menggunakan perhiasan dari emas yang berlebihan dapat mengundang perhatian orang banyak, termasuk juga orang yang berniat buruk seperti perampok.


Terdengar sepele, namun itulah kenyataannya. Sangat berbahaya menggunakan emas yang berlebihan di depan umum seperti pasar tanpa ada perlindungan yang memadai.


Saran saya cukup gunakan emas yang sewajarnya saja, jika memiliki banyak perhiasan dari emas sebaiknya gunakan pada momen-momen tertentu saja yang kira-kira aman untuk di gunakan.


Bahaya jika di gunakan pria


Meskipun hampir seluruh wanita pernah menggunakan emas, namun kaum pria jangan pernah mencoba-coba untuk menggunakannya.


Karena emas yang digunakan tersebut dapat masuk ke sel pembuluh darah melalui pori-pori, karena pria tidak mengalami haid maka darah yang bercampur dengan emas tidak keluar sehingga dapat menimbulkan penyakit.


Jika digunakan dalam jangka pendek mungkin tidak masalah, namun jika terus menerus akan berdampak di masa yang akan datang.


 


Demikianlah artikel singkat mengenai emas, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembacanya. Terima kasih dan salam sukses.


EmoticonEmoticon