24 Juli, 2018

Apa Itu Emiten?

Apa itu Emiten? – Dalam dunia bisnis saham, ada banyak sekali bahasa-bahasa yang tidak dapat di pahami hanya dengar mendengar saja. Di perlukan pembelajaran yang lebih agar memahami bahasa tersebut.


Bahkan ada beberapa bahasa yang sekilas memiliki arti yang sama, padahal kedua kata tersebut sangat jauh berbeda. Maka dari, kita perlu banyak membaca tentang bahasa-bahasa yang di gunakan dalam dunia bisnis.


Salah satu kata bahasa yang akan sering kita dengar ketika terjun ke dunia bisnis saham adalah emiten, bahasa tersebut tidak akan dapat di pahami hanya dari mendengar saja. Namun jika saya menyebutkan perusahaan penerbit saham mungkin semua pasti sudah dapat menyimpulkan bahasa tersebut.


Yah benar, emiten adalah sebutan untuk perusahaan yang mencari modal dengan cara menerbitkan surat berharga kepada publik.


emiten


Surat berharga yang di terbitkan dapat berupa saham, obligasi atau semacamnya guna memperoleh tambahan modal untuk keperluan perusahaan.


Ada banyak emiten yang terdapat di pasar modal, mereka membutuhkan dana untuk keperluan perusahaan masing-masing. Enyahkan itu untuk pemabangunan maupun perluasan wilayah perusahaan.


baca juga: Apa itu Pasar Modal?


Setiap emiten penerbitkan surat berharga yang berbeda, namun yang paling sering di jumpai adalah saham dan obligasi. Meskipun saham dan obligasi ini berupa investasi namun perlu kamu ketahui ada beberapa perbedaan. Di antaranya adalah:



  1. Orang yang memiliki sebuah saham berarti ia adalah salah satu pemilik dari perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Sedangkan orang yang memiliki obligasi adalah orang yang memberikan pinjaman dana kepada perusahaan yang menerbitkan obligasi.

  2. Orang yang memiliki saham akan mendapatkan hak suara dalam pengembangan perusahaan sedangkan pemiliki obligasi tidak, karena obligasi hanya sebatas surat hutang piutang.

  3. Pendapatan obligasi biasanya jauh lebih besar dari pada pendapatan saham.

  4. Resiko pemilik saham jauh lebih besar jika di bandingkan dengan pemilik obligasi jika perusahaan mengalami kebangkrutan. Jika perusahaan bangkrut maka yang di utamakan adalah membayar hutang dari pada pertimbangan membagi saham.


Dan ada banyak lagi perbedaan antara saham dan obligasi yang di terbitkan oleh emiten. Saham, obligasi dan surat berharga lainnya yang di terbitkan emitan secara umum memiliki 2 jenis harga, yaitu price dan value.


Meskipun price dan value adalah harga dari surat berharga namun kedua kata tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda.


baca juga: Apa Perbedaan Price dan Value ?


Price adalah harga saham yang cendrung di pengaruhi oleh pasar dan sedangkan value adalah harga surat berharga yang di pengaruhi kualitas dari barang atau jasa yang di hasilkan perusahaan tersebut.


Price cendrung lebih mahal dari value, namun tidak jarang kita jumpai sebaliknya. Maka dari itu jika kita ingin membeli saham, obligasi atau surat berharga lainnya dari emiten kita harus menganalisa harga dan sejaran emiten tersebut agar kita tidak salam dalam membeli saham dan surat berharga lainnya.


Sekian penjelasan singkat mengenai emiten, semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca, terima kasih dan selam sukses.


EmoticonEmoticon