24 Juli, 2018

Arti Kode Kode pada Perhiasan Emas

Emas adalah salah satu jenis logam yang sangat banyak diterkenal di kalangan wanita.


Emas dapat menambah kecantikan dan keindahan bagi saipa saja yang memakainya. Maka dari itu, hampir seluruh wanita tertarik untuk menggunakan emas sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan mereka.


Bahkan sekarang ini kaum pria juga sudah banyak yang menggunkan emas.


Karena meningkatnya permintaan konsumen, para produsen aksesoris emaspun mulai bertambah.


Setiap produsen, mereka membandrol emas produk mereka dengan harga yang berbeda. Ada yang mahal dan ada pula yang sangat murah.


Apakah emas yang murah adalah emas palsu?..


Belum tentu..


Pada dasarnya, perhiasan yang dijual di berbagai toko emas tidaklah berbahan emas semua. Melainkan ada beberapa campuran (meski tidak banyak).


kode emas


Namun ada juga beberapa produsen yang membuat aksesoris dengan campuran yang lebih banyak dan mengurangi penggunaan emas sebagai bahan utamanya, sehingga modal produksinya tidak terlalu mahal.


Pada intinya, harga emas itu bergantung pada kadar emas pada perhiasan tersebut.


Jika kadar emasnya tinggi, maka harganyapun mahal. Namun jika kadarnya rendah, tentu saja harganya akan lebih murah.


Namun perlu anda ketahui, kelemahan emas yang kadarnya rendah.


Misalnya si bu Lia membeli emas di toko emas Aseng dengan harga Rp550.000, dan dikenakan potongan Rp50.000.


Jadi jika bu Lia menjual emas tersebut ke toko emas Aseng kembali maka harga jualnya adalah Rp500.000.


Jika toko emas Aseng tutup maka bu Lia tetap dapat menjual emas tersebut dengan harga yang sama, andaikan kurang paling sedikit. Karena kadar emasnya tinggi jadi banyak peminatnya.


Tapi jika yang bu Lia beli adalah emas yang kadarnya rendah, dan toko tempat membeli emas tersebut tutup.


Maka harga jual emas akan anjlok, bahkan toko emas lain tidak mau menerima jika bu Lia hendak menjualnya. Jika maupun tentu saja dengan harga yang sangat rendah (tidak sepadan dengan harga jual).


Bahkan biaya potongan emas yang kadarnya rendah juga relatif lebih mahal dari pada emas yang kadarnya tinggi.


Singkatnya, emas yang kadarnya tinggi dapat dijual dengan harga yang tinggi pula. Sedangkan emas yang kadarnya rendah sangat rentan terhadapat harga, jadi akan sangat sulit jika kita membutuhkan uang mendadak.


Nah,,dari penjelasan di atas mungkin anda sudah paham kelebihan dan kekurangan emas yang kadarnya rendah dan tinggi.


Jika perhiasan dengan kadar emas yang tinggi harga terbilang lebih mahal, tapi harga jualnyapun mahal.


Sedangkan perhiasan dengan kadar emas yang rendah, harganya terbilang lebih murah tapi harga jualnya sangat rendah dari harga beli, bahkan cukup sulit untuk menjual jika toko tempat membeli emas tersebut tutup atau bangkrut.


Untuk membedakan emas yang kadarnya rendah atau tinggi cukup sederhana.


Cukup lihat harga yang di bandrol, jika mahal berarti emas tersebut kadarnya tinggi, tapi jika murah dan di bawah pasaran, jangan mudah tergiur karena dapat di pastikan kadarnya rendah dari pada yang lainnya.


Itu dari sisi harga…


Tapi perhiasan emas juga memiliki kode-kode yang menunjutkkan kadar emas pada perhiasan tersebut.


Fungsinya agar para konsumen dapat mengetahui kadar yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut.


Emas muda


Perhiasan yang kadarnya emasnya dibawah 50%, jenis perhiasan seperti ini harganya lebih murah dari biasanya.


Kode Emas ‘150’ menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 15%. Kode emas ini terdapat pada kalung Gold Bound 150 yang di produksi oleh pabrikan emas King Halim.


Kode emas ‘300’ menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 30%. Biasanya di awali dengan berbagai kode yang diikuti dengan angka 30.


Kode emas ‘333’ menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 33,33%.


Kode emas ‘375’ menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 37,5%. Biasanya terdapat pada emas putih, dan dengan lambang pabrik segitiga, prisma, A, Beta/B,SA,HWT dan UBS.


Kode emas ‘400’ menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 40%. Ini adalah produk lama yang sekarang sudah di gantin dengan kode ‘375’.


Kode Emas 420 menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 42%. Perhiasan ini banyak di keluarkan oleh HWT dan UBS dalam bentuk kalung. Diluar negeri jenis perhiasan ini diberi label 10k.


Emas Tua


Emas tua adalah perhiasan yang kadar emasnya di atas 50%, harga beli dan harga jual emas ini dapat di pastikan lebih mahal dari pada emas muda.


Jika anda menjumpai orang yang menjual emas tua yang harganya sama dengan harga emas muda, maka dapat di pertanyakan kebenarannya.


Kode emas 585 atau 14K585. Ini menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut 58,5%. Kode ini banyak pada perhiasan luar negeri.


Kode Emas 700. Ini menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut 70%. Perhiasan dengan kode ini banyak di produksi oleh KH, MT, SG, JR, S22, HWT dan UBS. Perhiasan dengan kode ini banyak dijumpai di berbagai toko perhiasan emas.


Kode emas 750 menunjukkan kadar emas 75%. Perhiasan dengan kode ini banyak di produksi oleh Prisma750, 18K,AYU,MT,HT,JR,Citra,KH,HWT dan UBS. Perhiasan dengan kode ini banyak dijumpai di berbagai toko perhiasan emas.


Kode Emas 833 menunjukkan kadar emas 83,3%. Kode ini hanya terdapat pada emas kuning saja, tidak ada pada emas putih. Kode ini juga sangat jarang dijumpai di pasaran.


Kode emas 850 menunjukkan kadar emas 85% pada perhiasan tersebut.


Kode emas 875 atau 21K875850 menunjukkan kadar emas 87,5%. Biasanya perhiasan dengan kode ini banyak di jumpai di Arab.


Kode Emas 22K 916 menunjukkan kadar emas 91,6% pada sebuah perhiasan.


Kode emas 958 atau 23K95 menunjukkan kadar emas 95,8%. Perhiasan ini banyak di jumpai di daerah Bengkulu, Padang, Jambi dan Kalimantan.


Kenapa tidak menggunakan emas murni saja?..


Setiap perhiasan emas, harus menggunakan bahan lain sebagai pengeras perhisan tersebut.


Karena jika hanya emas murni saja maka perhiasan yang dihasilkan tidak dapat keras sebagaimana perhiasan yang kita gunakan sekarang.


Jadi apapun ceritanya, perhiasan emas harus menggunakan bahan campuran sebagai pendukung perhiasan tersebut.


Jika ada orang yang menawarkan emas murni kepada anda, sebaiknya anda berhati-hati karena jika asli emas murni maka perhiasan tersebut tidak keras, jika keras berarti emar tersebut tidak murni sebagaimana yang orang tawarkan kepada anda.


Semoga artike ini bermanfaat bagi anda yang ingin membali perhiasan emas, bagikan artikel ini kepada yang lain agar mereka dapat mengerti tentang kode-kode yang terdapat pada emas.


Terima kasih dan salam sukses.


 


EmoticonEmoticon