24 Juli, 2018

Pengertian Cryptocurrency

Akhir-akhir ini kata cryptocurrency sangat sering di sebut di dunia internet, bahkan cryptocurrency dapat menghasilkan uang dari internet.


Mungkin sudah banyak orang yang sudah mengetahui tentang apa itu cryptocurrency namun tidak jarang orang yang belum mengetahui dengan pasti apa itu cryptocurrency. Maka dari itu saya akan berusaha menjelaskan pengertian dari cryptocurrency secara rinci dan mudah di pahami.


Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang memiliki nilai tukar tertentu. Sama halnya dengan Rupiah, Dollar dan mata uang lainnya, namun mata uang digital ini hanya dapat di belanjakan dengan media pendukung seperti hp atau komputer dan koneksi internet untuk mengaksesnya.


Cryptocurrency
Cryptocurrency

Seperti namanya, mata uang digital tidak tersedia dalam bentung uang kartal sebagai mana Rupiah, Dollar dan lainnya. Akan tetapi kita tetap dapat menggunakan mata uang digital tersebut untuk berbelanja selama terdapat koneksi internet dan media akses seperti hp atau komputer.


Cryptocurrency atau mata uang digital memiliki nilai tukar yang tidak stabil, dapat berubah-ubah dalam hitungan jam. Sekarang ini sudah banyak cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia, bahkan termasuk di Indonesia.


Namun cryptocurrency yang paling terkenal adalah bitcoin, Etheruem, Dogecoin dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di Cryptocurrencies Market Capitalization.


Hampir setiap hari ada saja cryptocurrency bermunculan dan tidak jarang sebagian di antaranya adalah penipuan, lantas bagaimana kita dapat mengetahui bahwa cryptocurrency penipuan atau tidak?…


Kita tidak dapat mengetahui apakah perusahaan yang memproduksi cryptocurrency penipuan atau tidak, namun kita dapat melihat tingkat kepercayaan para pemilik cryptocurrency tersebut melalui:



  1. Cryptocurrencies Market Capitalization


Banyaknya orang yang memiliki cryptocurrency peringkat terendah, semakin rendah peringkat menunjukkan semakin banyak orang yang memiliki cryptocurrency tersebut.


Dalam hal ini, tentu saja bitcoin menduduki peringkat pertama dan di iringi dengan cryptocurrency lain. Daftar tersebut dapat berubah-ubah sesuai tingkat kepercayaan orang kepada mata uang tersebut.



  1. VIP Bitcoin


VIP Bitcoin sudah berganti menjadi Indodax, setiap perusahaan cryptocurrency yang ingin mendaftarkan cryptocurrencynya di Indodax mereka harus melewati tahap seleksi terlebih dahulu oleh pihak Indodax.


Indodax memiliki kriteria tersendiri mengenai perusahaan cryptocurrency yang layak bergabung dengan Indodax sehingga dapat di pastikan setiap mata uang yang masuk di Indodax terjamin dari penipuan. Hampir 2 atau 3 bulan sekali ada saja cryptocurrency baru yang masuk pasar Indodax.


 


Sekarang ini, pemilik cryptocurrency terus meningkat dari setiap harinya sehingga beberapa negara seperti jepang sudah meresmikan penggunaan cryptocurrency seperti bitcoin untuk bertransaksi secara umum di negaranya.


Tidak hanya itu, cryptocurrency juga dapat membarikan keuntungan yang besar kepada pemiliknya. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, harga cryptocurrency tidak stabil dan hal inilah yang di manfaatkan untuk memperoleh keuntungan.


Misalnya saja bitcoin, awal mula nilai tukar bitcoin hanya Rp 50.000 per bitcoin dan sekarang ini nilai tukar bitcoin sudah mencapai Rp130.000.000 per bitcoinnya. Bahkan bitcoin pernah mengalami kenaikan yang cukup pesat hingga mencapai Rp 300.000.000 per bitcoin.


Tidak hanya bitcoin saja, cryptocurrency lain juga sering mengalami perubahan harga yang sangat cepat. Hal ini banyak di manfaatkan untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli cryptocurrency.


Jika sedang murah biasanya orang akan berbondong-bondong membeli cryptocurrency dan jika harga sedang naik maka mereka akan menjual cryptocurrency tersebut.


Jika kamu ingin membeli cryptocurrency sebaiknya belilah cryptocurrency yang sudah masik pasar indodax atau cryptocurrency yang sudah banyak dimiliki oleh orang lain.


Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan bagi para pembaca, terima kasih dan salam sukses.


EmoticonEmoticon